CARI DISINI


  • Web
  • Khulafaurrasyidin

    A. Pengertian Khulafaurrasyidin
                Khulafaurrasyidin berasal dari kata khulafa’ dan ar-rasyidin. Kata khulafa, merupakan jamak dari kata khalifah artinya pengganti.Adapun ar-rasyidin artinya mendapat petunjuk. Jadi Khulafaaurrasyidin dalam arti bahasa artinya orang yang ditunjuk sebagai pengganti pemimpin atau penguasa yang selalu mendapat petunjuk dari Allah SWT.Sedangkan Khulafauurrasyidin menurut arti istilah adalah pemimpin umat dan kepala negara yang telah mendapat petunjuk dari Allah SWT. untuk meneruskan perjuangan Nabi Muhammad saw.
         Khulafaurrasyidin berjumlah empat orang, yaitu ; Abu Bakar as-Siddiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.Selama masa kepemimpinan mereka,banyak hal mengenai sikap dan perilaku dari para Khalifah yang patut kita teladani.

    B. Tugas-Tugas Khulafaurrasyidin
                Tugas dari Khulafaurrasyidin antara lain sebagai berikut :
         1. Melanjutkan dakwah dan ajaran rasulullahsaw.
         2. Melanjutkan pemerintahan yang telah dibangun Rasulullah
         3. Memerangi orang-orang yang merongrong ajaran agama Islam.
         4. Memperluas wilayah Islam
         5. Mengembangkan ajaran Islam.
                Nabi Muhammad saw. sebagai utusan Allah SWT, memiliki dua tugas utama. Pertama sebagai rasul Allah SWT, kedua sebagai kepala negara yang memimpin pemerintahan dan masyarakat. Khulafaurrasidin itu bukan menggantikan tugas nabi muhammad saw. Sebagai Rasul, melainkan menggantikan Nabi Muhammad saw sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan Islam. Kedudukan Nabi Muhammad saw sebagai rasul tidak dapat digantikan oleh orang lain karena wahyu telah terhenti dan Nabi Muhammad saw adalah nabi dan rasul yang terakhir.Sedangkan tugas beliau sebagai kepala negara harus ada yang menggantikan, agar ada yang memimpin masyarakat sesuai dengan ajaran-ajaran Islam.

    C. Keutamaan Sifat-Sifat Khulafauurrasyidin
                Sifat-sifat utama yang dimiliki Khulafaurrasyidin antara lain ;
        1. Arif dan bijaksana dalam mengambil keputusan
        2. Berani dan tegas dalam mengambil tindakan yang benar menurut Al-Qur’an dan hadis
        3. Rendah hati dan santun dalam menghadapi rakyatnya
        4. Disiplin dalam menjalankan tugas
        5. Selalu bekerja untuk menyejahterakan rakyatnya
        6. Tidak suka menggunakan kekayaan negara untuk kepentingan pribadi

     Keempat khalifah yang termasuk khulafaurrasyidin itu mempunyai julukan istimewa antara lain yaitu :
    1. Abu Bakar terkenal dengan gelar “ As-Siddiq “ karena ia selalu membenarkan ajaran yang dibawa oleh    Rasulullah saw. Gelar ini diberikan oleh Rasulullah saw setelah peristiwa Isra’ Mi’raj. Gelar Abu Bakar yang lain adalah ” Al-wafa’ “ ini diberikan karena kesetiaan beliau kepada Rasulullah saw.
         2. Umar bin Khattab terkenal dengan julukan “ Al-Faruq “, gelar ini diberika karena dipandang mampu     membedakan dengan tegas antara yang benar dan yang salah. Umar juga digelari “ Al-Khalifatul Adl “ yang berarti Khalifah yang adil. Umar bin Khattab juka memiliki gelar “Amirul-Mu’minin”artinya pemimpin orang beriman.
    3. Usman bin Affan bergelar “ Zun Nurain “ yang berarti pemilik dua cahaya. Gelar ini diberikan karena beliau menikahi dua putri Rasulullah saw, yaitu Ruqayah dan Ummu Kulsum. Usman juga memiliki sifat “ Sakhawah “ yaitu sifat kedermawanan yang luar biasa.
    4. Ali bin Abi Thalib terkenal dengan gelar  “ Al- Murtada”, artinya orang yang diridai.Khalifah ini juga diberi gelar “Zulfikar” karena ia memiliki pedang bermata dua pemberian Rasulullah.

    D. Cara Pengangkatan Khulafaurrasyidin
                 Khulafaurrasyidin diangkat dengan dua cara. Cara pertama adalah musyawarah diantara kaum muslimin. Khulafaurrasyidin yang diangkat dengan cara ini adalah Abu Bakar as-Siddiq, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib. Cara kedua adalah penunjukan oleh khalifah sebelumnya. Khulafaurrasyidin yang diangkat dengan cara ini adalah Umar bin Khattab. Ia ditunjuk oleh Abu Bakar As-Siddiq.

    buat teman-teman semua jangan lupa tinggalkan komentar anda

    0 komentar:

    Posting Komentar

    terima kasih atas kunjungan anda

    KABAR